Bahasa Indonesia
English
You are here
Pelatihan ScoRBA: Meningkatkan Kualitas Penelitian Melalui Scoping Review dan Analisis Bibliometrik

Departemen Pendidikan Teknik Elektro (DPTE) terus berkomitmen dalam mendukung peningkatan kapasitas penelitian dosen melalui berbagai pelatihan dan workshop. Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan menggelar Pelatihan ScoRBA (A Scoping Review and Bibliometric Analysis) yang dilaksanakan selama dua hari, pada Selasa-Rabu, 21-22 Januari 2025, bertempat di Lab. Robotika Gedung IDB DPTE Lt. 1.
Pelatihan ini menghadirkan Bapak Dr. Adi Wijaya dari Universitas Indonesia Maju sebagai narasumber utama, yang membagikan pengetahuan dan pengalamannya dalam penggunaan ScoRBA untuk mendukung proses penelitian akademik, khususnya dalam pembuatan artikel ilmiah, scoping review, dan analisis bibliometrik.
Dengan waktu pelaksanaan dari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB, pelatihan ini berlangsung secara intensif dan memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta mengenai teknik dasar hingga lanjutan dalam pemanfaatan ScoRBA. Materi yang disampaikan mencakup strategi efektif untuk mengidentifikasi tren penelitian terkini, memperluas cakupan studi literatur, serta meningkatkan kualitas artikel ilmiah agar layak publikasi di jurnal bereputasi.
Pelatihan ini diikuti oleh dosen dari Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, yang merupakan bagian dari Departemen Pendidikan Teknik Elektro. Kehadiran peserta lintas program studi ini memperkuat kolaborasi akademik antar dosen dalam lingkungan DPTE serta mendorong sinergi dalam pengembangan penelitian yang lebih luas dan berdampak.
Partisipasi aktif dalam pelatihan ini menjadi langkah strategis dalam mendorong budaya riset yang kuat di lingkungan akademik, sekaligus meningkatkan produktivitas penelitian yang berkualitas tinggi.
Contact Us
Bachelor of Mechatronics Engineering Education
Faculty of Engineering Universitas Negeri Yogyakarta
Address: Karangmalang, Yogyakarta 55281
Phone : (+62274) 586168 ext. 293, (+62274) 548161, Fax : (+62274) 586734
Copyright © 2025,